Tingkatkan Kompetensi Guru dan Siswa, Tim PKM Dosen Kenalkan Pembelajaran VLAN Model SOHO

Pengabdian Kepada Masyarakat ( PKM ) merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi selain pendidikan dan penelitian. Setiap dosen memiliki kewajiban untuk melaksanakan PKM yang umumnya dilaksanakan secara kelompok atau tim. Demikian juga halnya dengan dosen STMIK Palangkaraya.

Pada hari Senin 21 Juni 2021, bertempat di SMK Al Ishlah yang beralamatkan di jalan Mahakam, kecamatan Jekan Raya,Palangkaraya, tim PKM mengadakan workshop tentang “Implementasi Pembelajaran VLAN Menggunakan Model Small Office Home Office untuk meningkatkan Kompetensi Guru dan Siswa.” Tim dosen terdiri dari tujuh orang mewakili tiga program studi yang ada di kampus yaitu Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Manajemen Informatika. Selain menyampaikan materi, dalam kesempatan ini, tim dosen juga memperkenalkan kampus STMIK Palangkaraya.

PKM Dosen 20210 - 003Materi workshop yang disampaikan oleh Bapak Abdul Hadi, ST., M.kom. dan Bapak Deden Andriawan, M.Kom. disesuaikan dengan kurikulum sekolah dan  kebutuhan mitra, dalam hal ini SMK Al Ishlah Palangkaraya. Beberapa waktu sebelumnya, tim sudah melakukan observasi dan konfirmasi untuk mengetahui materi yang akan dibahas dalam kegiatan tersebut. Kegiatan yang dimulai pada jam 08.00 WIB melibatkan guru dan siswa sebagai peserta. Sebelum masuk ke materi inti , kegiatan ini didahului dengan pelaksanaan pre test untuk mengetahui sejauh mana pengetahunan peserta  tentang materi. Dan diakhir sesi, dilaksanakan post test. Skor post test yang dicapai peserta menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Dalam pelaksanaan kegiatan, pihak sekolah telah menjadwalkan tiga sesi pertemuan. Setiap sesi terdiri dari  maksimal 10 (sepuluh) peserta dan berlangsung sekitar 1,5 sampai 2 jam. Pengaturan jumlah peserta disesuaikan dengan protokol kesehatan yang diwajibkan oleh gugus covid-19 kota Palangka Raya; penggunaan masker , cuci tangan dan pengecekan suhu tubuh juga diterapkan.

PKM Dosen 2021 - 002

Selama kegiatan berlangsung, peserta tampak antusias. Terlihat jelas para peserta merindukan kegiatan pembelajaran langsung di kelas. Di bagian praktik, peserta tidak sungkan untuk bertanya jika ada yang belum dipahami. Hal ini juga sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Kepala SMK Al Ishlah Palangkaraya Ibu Endang Suwito, M.Pd. Menurut beliau, para siswa SMK harus lebih banyak praktik langsung seperti halnya kegiatan ini, sehingga para siswa lebih memahami dan mendalami materi sesuai dengan kompetensi yang ditargetkan.

Hasil dari angket yang disebarkan kepada para peserta juga mendukung pernyataan ini. Mayoritas peserta menyarankan agar kegiatan seperti ini bisa diadakan kembali karena dapat menambah pengetahuan dan wawasan, terutama sebagai bekal mereka setelah lulus nanti. Tim PKM dosen STMIK Palangkaraya terbuka dengan saran dan usulan dari pihak mitra dan peserta. Semoga kerjasama antara kedua belah pihak dapat terus berjalan. [CE:20210624/ERF:20210625]

Muhammad Erfan
About Muhammad Erfan 133 Articles

Lulus prodi Sistem Informasi tahun 2011, menjadi Laboran sejak Februari 2011, menjabat Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan sejak 2013, ditunjuk sebagai Kepala UPT. Laboratorium pada tahun 2015. Saat ini sebagai Staf Teknis BAAU STMIK Palangkaraya.

Dapat dihubungi melalui media sosial Twitter, Telegram, Instagram @banghajidotcom, melalui halaman Facebook @officialbanghajidotcom atau mengunjungi laman BangHaji DotCom.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


+ 56 = 58