STMIK Palangkaraya Fasilitasi UTBK SBMPTN Tahun 2020

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Palangka Raya (UPR) dimulai pada hari Minggu, 05 Juli 2020. Pelaksanaan kegiatan tersebut berbeda dengan kegiatan penerimaan mahasiswa baru pada tahun-tahun sebelumnya, hal ini dikarenakan pelaksanaan UTBK kali ini masih dalam suasana tanggap darurat terhadap penyebaran infeksi Covid-19 yang mengharuskan semua peserta dan panitia mentaati protokol kesehatan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari para calon mahasiswa terpapar Covid-19 sekaligus untuk menghindari munculnya klaster baru penyebaran Covid-19.

Kewajiban melaksanakan protokol kesehatan pada kegiatan UTBK tersebut menyebabkan keperluan ruang pelaksanaan kegiatan menjadi bertambah karena jumlah mahasiswa yang akan diterima sebanyak 4.025 mahasiswa, hal ini disampaikan oleh Ketua Panitia Lokal UPR, Prof. Dr. Ir. Salampak, MS. Bahwa dalam kegiatan tersebut memerlukan tempat atau ruang sebanyak 15 ruangan yang berada di 2 (dua) lokasi yaitu di Kampus UPR dan Kampus STMIK Palangkaraya.

Pembukaan kegiatan UTBK (05/07/2020) juga dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan yang secara resmi dibuka oleh Rektor UPR, Bapak Dr. Andrie Elia, S.E., M.Si. bertempat di Laboratorium UTBK UPR pada pukul 08.00 WIB. Dalam acara pembukaan tersebut selain dihadiri oleh semua Wakil Rektor UPR, Dekan dan jajarannya juga dihadiri oleh tamu undangan diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, Dr. Ir. Mofit Saptono Subagio, M.P. dan Ketua STMIK Palangkaraya, Suparno, M.Kom.

Sama halnya dengan di UPR, sebagian peserta yang mengikuti UTBK di Kampus STMIK Palangkaraya juga mengikuti protokol kesehatan hal ini juga untuk menghindari kemungkinan peserta terpapar Covid-19, selain itu perangkat komputer seperti keyboard dan mouse yang digunakan oleh peserta dalam UTBK dilengkapi dengan plastik pengaman dan setiap selesai satu sesi kegiatan dilakukan penyemprotan ruangan laboratorium dengan disinfektan.

Pada kesempatan berbeda, Ketua STMIK Palangkaraya juga menyampaikan bahwa STMIK Palangkaraya telah mempersiapkan diri jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan UTBK ini dengan melengkapi sarana Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) diantaranya tempat cuci tangan di beberapa tempat di lingkungan kampus dan hand sanitizer di dalam ruangan yang digunakan. Meskipun kegiatan UTBK ini memanfaatkan fasilitas komputer di Laboratorium namun pihak kampus juga menyiapkan beberapa ruang kuliah sebagai tempat transit peserta, pengawas dan penguji yang diatur sedemikian rupa dan disesuaikan dengan ketentuan protokol kesehatan.

Turut sertanya STMIK Palangkaraya dalam menyediakan fasilitas laboratorium untuk pelaksanaan UTBK tersebut secara tidak langsung juga memberikan keuntungan bagi kampus, diantaranya sebagai ajang promosi karena dapat memperkenalkan kampus kepada calon mahasiswa yang mengikuti UTBK khususnya kepada peserta yang belum berkesempatan diterima sebagai mahasiswa melalui kegiatan SBMPTN tersebut. Untuk itu kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan oleh Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STMIK Palangkaraya dengan memberikan informasi kepada peserta UTBK mengenai Program Studi yang diselenggarakan, Kompetensi yang dikuasai setelah lulus, dan yang terpenting adalah Kemudahan lulusan STMIK Palangkaraya dalam mendapatkan pekerjaan setelah menyelesaikan kuliahnya. [SPRN]

Muhammad Erfan
About Muhammad Erfan 118 Articles

Lulus prodi Sistem Informasi tahun 2011, menjadi Laboran sejak Februari 2011, menjabat Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan sejak 2013, ditunjuk sebagai Kepala UPT. Laboratorium pada tahun 2015. Saat ini sebagai Staf Teknis BAAU STMIK Palangkaraya.

Dapat dihubungi melalui media sosial Twitter, Telegram, Instagram @banghajidotcom, melalui halaman Facebook @banghajidotcomofficial atau mengunjungi laman BangHaji DotCom.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


+ 58 = 60