“STMIK Palangkaraya Bersinergi dengan Dinas Kesehatan dalam Upaya Pencegahan Diabetes Melitus”

Palangka Raya, 7 Maret 2024.  Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya berkolaborasi dengan STMIK Palangkaraya, menggelar kegiatan screening atau tes kesehatan sebagai upaya penemuan dini faktor resiko diabetes melitus pada usia produktif. Kegiatan ini berlangsung di Ruang KSR kampus STMIK Palangkaraya, hari Rabu, 6 Maret, menargetkan para mahasiswa, dosen, serta karyawan sebagai peserta.

Ibu Hetty Andriani, S.Kep., yang memimpin Tim Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2TM) dan Kesehatan Jiwa (Keswa) Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, menekankan pentingnya screening ini untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya Diabetes Melitus. “Kami ingin mencegah dan mengurangi risiko penyakit Diabetes Melitus di kalangan usia produktif, terutama di lingkungan akademis seperti STMIK Palangkaraya,” ujar Hetty.

Screening kesehatan ini meliputi beberapa tes dasar seperti pengukuran kadar gula darah, tekanan darah, serta konsultasi kesehatan untuk memberikan edukasi dan saran profesional tentang gaya hidup sehat. Dengan kegiatan ini, Dinas Kesehatan berharap dapat meningkatkan kesadaran tentang pentingnya pencegahan dini dan manajemen faktor risiko Diabetes Melitus.

Peserta kegiatan tampak antusias mengikuti serangkaian tes dan konsultasi. Salah satu mahasiswa, yang mengikuti screening, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kesempatan untuk memeriksa kondisi kesehatannya. “Ini adalah kesempatan yang sangat berharga, terutama untuk kami yang mungkin jarang memiliki waktu untuk check-up kesehatan secara rutin,” ujarnya.

Dengan dilaksanakannya screening kesehatan ini, diharapkan dapat tercipta kesadaran dan perubahan perilaku yang lebih sehat di kalangan mahasiswa, dosen, dan karyawan STMIK Palangkaraya, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit Diabetes Melitus dan meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.[CE]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*