STMIK Palangkaraya Adakan Lomba Rekayasa Perangkat Lunak diikuti Siswa SMA/SMK/MA se-Kota Palangka Raya

Lomba Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan rangkaian kegiatan Ajang Kreativitas dan Inovasi Generasi Muda Bidang Informatika yang diadakan oleh Program Studi Teknik Informatika dan Program Studi Manajemen Informatika STMIK Palangkaraya diikuti oleh 8 tim dari SMA/SMK/MA sederajat asal kota Palangka Raya dan 2 tim dari Sampit, Kotawaringin Timur.

Tercatat 3 tim dari SMK Negeri 1 Palangka Raya, 1 tim dari SMK Negeri 3 Palangka Raya, 2 tim dari SMA Negeri 3 Palangka Raya, 1 tim dari SMA Negeri 4 Palangka Raya,dan 1 tim dari MAN Model  Palangka Raya. Dari luar kota Palangka Raya, hadir SMK Negeri 1 Sampit, Kotawaringin Timur yang mengirim 2 tim sebagai peserta lomba.

Lomba yang diselenggarakan pada hari Selasa, 15 Mei 2023 lalu mengambil tempat di aula kampus STMIK Palangkaraya dikuiti para peserta dengan antusias. Para peserta yang hadir didampingi oleh para guru pembimbing dari sekolah masing- masing.

Lomba Rekayasa Perangkat Lunak kali ini adalah membuat aplikasi perpustakaan berbasis deskstop. Setiap tim peserta lomba mempresentasikan aplikasi yang telah dibuat dihadapan para juri. Para peserta juga diberikan beberapa pertanyaan oleh dewan juri lomba yang terdiri dari  dua dosen STMIK Palangkaraya: Ibu Ir. Hj.Siti Maryamah,M.M., dan Bapak Mochammad Ichsan, S.T., M.Kom., serta satu orang dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya  Bapak Heri Setiawan, M.Kom.

Dari lomba RPL ini dapat diketahui bahwa minat dan kemampuan siswa- siswa SMA/SMK/MA di bidang teknologi dapat dikatakan baik. Para siswa yang masih tergolong remaja belia  ini, skillnya akan dapat lebih berkembang lagi  jika diasah terus, terlebih lagi jika hal ini didukung oleh bakat dan minat untuk belajar.

Dalam lomba RPL ini, juara pertama diraih oleh tim dari SMK Negeri 1 Palangka Raya, sedangkan tempat kedua dan ketiga diraih oleh  2 tim dari SMK Negeri 1 Sampit, Kotawaringin Timur.

Semoga dengan adanya lomba- lomba sejenis ini akan melahirkan bibit- bibit baru penerus generasi unggul yang  memiliki kemampuan  dan berdaya saing di bidang informatika. Seturut dengan pesan dari salah satu guru pembimbing peserta lomba yang menyampaikan harapannya agar kegiatan seperti ini rutin diselenggarakan oleh kampus STMIK Palangkaraya.

Selamat bagi para juara lomba kali ini, dan bagi yang belum menjadi pemenang  tetap semangat untuk belajar. Selamat datang di dunia teknologi, sampai jumpa kembali di acara berikutnya di STMIK Palangkaraya.[CE/ME]

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*