Seminar Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di STMIK Palangkaraya: Menyatukan Inovasi dan Dedikasi untuk Kemajuan Bersama

Palangka Raya, 9 Maret 2024 – Dalam upaya memperkuat hubungan antara teori dan praktik serta mengimplementasikan ilmu pengetahuan dalam kehidupan nyata, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Palangkaraya menggelar seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Unit Publikasi, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UP3M), dikepalai oleh Rosmiati, M.Kom., berlangsung di aula kampus STMIK Palangkaraya mulai Senin, 4 Maret, hingga Rabu  6 Maret, menampilkan kerja kolaboratif antara dosen dan mahasiswa dalam menghasilkan penelitian dan inisiatif pengabdian yang inovatif.

Seminar hasil kali ini menghadirkan empat tim penelitian dan lima tim pengabdian kepada masyarakat, yang masing-masing membagikan hasil karya dan dedikasi mereka dalam berbagai bidang yang menunjukkan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk solusi atas berbagai permasalahan sosial dan pengembangan masyarakat.

Untuk menjamin kualitas dan relevansi penelitian serta inisiatif pengabdian yang dipresentasikan, STMIK Palangkaraya tidak hanya mengandalkan penilaian dari tim reviewer internal tetapi juga mengundang ekspertise dari luar institusi. Dari internal, seminar ini diperkaya dengan kehadiran dan penilaian dari Dr. Maura Widyaningsih, S.Kom., M.Cs., Drs. H. Janu Pinardi, M.Si., dan Arliyana, M.Kom., yang semua memiliki pengalaman dan spesialisasi di bidang-bidang relevan dengan tema penelitian dan pengabdian.

Tidak kalah penting, seminar ini juga dihadiri oleh reviewer eksternal, Bapak Dr. Yatin Mulyono, M.Pd., salah satu dosen dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya, yang dikenal dengan kontribusi dan dedikasinya dalam bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat. Keberadaan Beliau memberikan dimensi baru dalam evaluasi proyek, memberikan masukan yang berharga bagi para peserta untuk menyempurnakan dan meningkatkan dampak dari kegiatan yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa.

“Kehadiran di seminar ini merupakan sebuah kehormatan dan kesempatan untuk melihat lebih dekat bagaimana perguruan tinggi seperti STMIK Palangkaraya mampu menghasilkan penelitian yang tidak hanya akademis tetapi juga aplikatif,” ungkap Bapak Yatin Mulyono. “Ini menunjukkan pentingnya sinergi antara pendidikan tinggi dengan kebutuhan masyarakat.”

“Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi jembatan penghubung antara akademisi dan masyarakat, dimana penelitian dan pengabdian yang dilakukan dapat langsung berdampak pada peningkatan kualitas hidup dan pemberdayaan masyarakat,” ujar Dr. Maura Widyaningsih, salah satu reviewer internal.

Kegiatan ini tidak hanya diharapkan menjadi wadah bagi para peneliti dan pelaku pengabdian untuk mempresentasikan hasil karyanya, tetapi juga menjadi forum diskusi produktif yang memungkinkan pertukaran ide dan solusi inovatif atas berbagai tantangan sosial. Dengan demikian, seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini berkontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta penerapannya dalam kehidupan masyarakat.

STMIK Palangkaraya berkomitmen untuk terus mendorong dan mendukung kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai bagian integral dari pendidikan tinggi, dengan tujuan mencetak lulusan yang tidak hanya unggul secara akademis tetapi juga memiliki kepekaan dan kontribusi nyata terhadap masyarakat.[CE]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*