Protokol Kesehatan di Lingkungan Kampus Dengan Pola dan Kebiasaan Baru (“New Normal”)

STMIK Palangkaraya

Protokol Kesehatan di Lingkungan Kampus Dengan Pola dan Kebiasaan Baru (“New Normal”)

No. 216/STMIK-A/AU/VI/2020

A. Umum

  1. Adakan sosialisasi paling lambat seminggu sebelum kegiatan perkuliahan dan akademik lainnya diberlakukan, lakukan sosialisasi pola baru atau kebiasaan baru ke seluruh sivitas sekolah tinggi yang ada, sosialisasi melalui media virtual maupun langsung menggunakan spanduk atau informasi tertulis lainnya.
  2. Menambah jumlah fasilitas cuci tangan dengan sabun pada tempat-tempat vital yang ada dan menyediakan hand sanitizer pada bagian layanan dan disetiap ruang laboratorium.
  3. Memfungsikan Ruang Kesehatan/KSR PMI untuk memberikan layanan pemeriksaan kesehatan awal.
  4. Sebelum masuk lingkungan kampus (di pintu masuk) dilakukan pemeriksaan awal meliputi pemeriksaan suhu tubuh, cuci tangan dengan sabun/hand sanitizer dan menggunakan masker.
  5. Jika terlihat kurang sehat seperti suhu tubuh 37 derajat atau lebih, mengalami batuk, pilek, gangguan kulit, mata, muntah, diare, tidak selera makan atau keluhan lain, dianjurkan untuk istirahat di rumah (tidak diperbolehkan masuk lingkungan kampus).
  6. Jika ada sivitas yang suhu tubuhnya 37 derajat atau lebih, maka yang bersangkutan diminta untuk beristirahat lebih dulu ditempat pemeriksaan awal minimal 10 menit selanjutnya diperiksa ulang suhu tubuhnya dan jika masih belum ada penurunan suhu maka dianjurkan untuk istirahat di rumah (tidak diperbolehkan masuk lingkungan kampus).
  7. Mengatur dan menjaga jarak antar sivitas yang ada di kampus sejak dari pintu masuk sampai di dalam ruang kelas dan dilarang berkerumun termasuk mengatur jarak pada semua unit layanan yang ada.
  8. Selama berada di lingkungan kampus semua sivitas wajib menggunakan masker dan menjaga jarak.
  9. Jumlah mahasiswa per kelas tatap muka menyesuaikan protokol kesehatan sebanyak 25-30 mahasiswa + 1 dosen dengan cara langsung dibatasi melalui aplikasi SMART Kampus.
  10. Penandatanganan dokumen akademik yang diperlukan oleh dosen dan mahasiswa dilakukan melalui bagian umum dan diserahkan (dapat diambil) kembali pada hari berikutnya.
  11. Menghindari pelaksanaan kegiatan yang diikuti oleh banyak peserta dengan cara mengalihkan kegiatan secara daring atau menunda pelaksanaan kegiatan, termasuk kegiatan-kegiatan UKM yang melibatkan lebih dari 10 orang.
  12. Menyediakan Masker bagi sivitas yang mengalami gangguan kesehatan di kampus.
  13. Membersihkan peralatan kerja, peralatan kuliah, ruang kelas, ruang kerja, tempat- tempat tunggu, tempat layanan administrasi dan halaman setiap hari.
  14. Melakukan penyemprotan disinfektan pada semua tempat termasuk ruang kuliah seminggu sekali.
  15. Petugas pelayanan wajib menggunakan peralatan standar kesehatan, yaitu menggunakan face shield, sarung tangan dan masker.

B. Seminar dan Tugas Akhir

  1. Pelaksanaan Kegiatan Seminar Tugas Akhir dapat dilakukan dengan jumlah peserta maksimal 10 orang dengan mengatur jarak sesuai ketentuan yang ada atau dapat dilakukan secara daring.
  2. Pelaksanaan Kegiatan Ujian Tugas Akhir dapat dilakukan seperti biasa dengan tetap menjaga jarak dan semua yang terlibat mengenakan masker.
  3. Tempat pelaksanaan Ujian Tugas Akhir dialihkan dari ruang khusus ujian ke ruang lain yang lebih luas dan lebih memungkinkan agar dapat memenuhi protokol jarak minimal.

C. Kegiatan PKL

  1. Pelaksanaan Kegiatan Sosialisasi dan Pembekalan PKL dilakukan secara daring.
  2. Pelaksanaan Seminar Hasil kegiatan PKL dilakukan secara daring atau secara luring namun harus menyesuaikan dengan protokol yang ada dan ruang seminar diusahakan menggunakan ruangan yang lebih besar untuk memberikan jarak yang sesuai ketentuan.
  3. Setelah pelepasan peserta PKL maka peserta tidak diperkenankan ke kampus kecuali jika ada keperluan yang sangat penting dengan tetap mengikuti protokol yang berlaku.
  4. Konsultasi bimbingan peserta PKL dengan pembimbing dilakukan secara daring dan diperbolehkan secara luring dengan tetap mengikuti protokol yang berlaku.
  5. Kunjungan pembimbing ke tempat PKL menyesuaikan dengan kondisi dan protokol kesehatan yang berlaku di tempat PKL.

D. Kegiatan PMB

Pelaksanaan Kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru meliputi :

  1. Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru harus ada yang selalu siap bertugas melayani calon mahasiswa dengan tetap memperhatikan protokol yang berlaku.
  2. Promosi secara langsung dimodifikasi menjadi promosi secara daring menggunakan website dan media sosial yang ada maupun alat komunikasi yang memungkinkan.
  3. Pendaftaran secara daring sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  4. Tes seleksi dilakukan secara daring sesuai jadwal yang telah ditetapkan.
  5. Herregistrasi mahasiswa yang dinyatakan diterima dilakukan secara daring.
  6. Materi kegiatan OMB dimodifikasi atau direduksi agar dapat dilaksanakan secara daring.
  7. Matrikulasi dilakukan dengan memperhatikan dan mengatur jarak di dalamlaboratorium.

E. Proses Perkuliahan

  1. Materi, agenda perkuliahan dan evaluasi disajikan secara daring melalui aplikasi SMART Kampus.
  2. Kegiatan perkuliahan dilakukan menggunakan model blended learning dengan maksimal daring 60% dan luring 40%. Diperkenankan daring penuh bagi dosen dengan usia atau kondisi kesehatan yang rentan.
  3. Kegiatan perkuliahan luring (tatap muka) termasuk untuk kegiatan praktikum dilakukan dengan jumlah mahasiswa dalam satu kali pertemuan diikuti oleh 25-30 mahasiswa yang dibatasi langsung melalui aplikasi SMART Kampus.
  4. Tempat duduk diatur dengan jarak minimal 1 meter antara tempat duduk yang satu dengan yang lain.
  5. Semua yang terlibat dalam perkuliahan wajib mengenakan masker.

F. Kegiatan Yudisium dan Wisuda

Kegiatan Upacara Yudisium dan Wisuda ditunda sampai kondisi dinyatakan benar- benar “aman” oleh pemerintah, dan jika bisa dilaksanakan maka harus mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

 

Palangka Raya, 02 Juni 2020

Ketua,

ttd

Suparno, M.Kom.

Download File

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


7 + 2 =