Merajut Asa di Dunia Kerja: Dua Mahasiswa Sistem Informasi STMIK Palangkaraya Tembus Program Magang Bersertifikat MBKM

Palangka Raya, 6 Februari 2024. Dalam sebuah pencapaian yang membanggakan, dua mahasiswa Program Studi Sistem Informasi berhasil meraih kesempatan untuk mengikuti Program Magang Bersertifikat Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), sebuah inisiatif pemerintah yang bertujuan untuk memperkaya pengalaman mahasiswa dengan eksposur praktis di dunia kerja. Keni Mihewu dan Erma Nur Setiani adalah nama-nama beruntung tersebut. Keni akan magang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kantor Banjarmasin, sementara Erma mendapat penempatan di PT. Telkom di Palangka Raya.

Keni Mihewu, memilih Kementerian PUPR sebagai tempat magangnya. Penempatan di Banjarmasin memberikan kesempatan unik bagi Keni untuk mengaplikasikan keahlian sistem informasinya dalam konteks pembangunan regional, sekaligus memberikan dampak positif bagi masyarakat.

Di sisi lain, Erma Nur Setiani akan menghabiskan masa magangnya di PT. Telkom, perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia, dengan lokasi magang di Palangka Raya. Di PT. Telkom, Erma diharapkan dapat memanfaatkan dan mengembangkan keahliannya dalam bidang sistem informasi untuk mendukung inovasi dan efisiensi operasional perusahaan, serta kontribusi terhadap digitalisasi masyarakat dan perekonomian lokal.

Program Magang Bersertifikat MBKM ini dirancang untuk membuka peluang bagi mahasiswa dalam mengaplikasikan teori yang dipelajari di kelas ke dalam praktik nyata di industri atau sektor pemerintahan. Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memperluas jaringan profesional mahasiswa dan meningkatkan kesiapan mereka memasuki dunia kerja.

Norhayati, M.Pd. Ketua Program Studi Sistem Informasi, menyampaikan kebanggaannya atas pencapaian kedua mahasiswa tersebut. “Ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi Keni dan Erma untuk menambah pengalaman, memperdalam keahlian, dan mempersiapkan diri mereka untuk masa depan. Kami sangat mendukung program MBKM dan berharap lebih banyak lagi mahasiswa kami yang bisa mengambil kesempatan serupa,” ujarnya.

Selain dua mahasiswanya lolos dalam Program Magang Bersertifikat, dari Prodi Sistem Informasi, ada dua mahasiswa lainnya yang bergabung di MBKM, yaitu Deny Krisbiantoro dan Anggri Lukman Djatta pada Program Studi Independen Bersertifikat Batch 6.

Dengan keberhasilan ini, mereka tidak hanya mengangkat nama Program Studi Sistem Informasi, tetapi juga membuktikan bahwa mahasiswa STMIK Palangkaraya memiliki kapasitas untuk berkontribusi secara signifikan dalam pembangunan melalui teknologi informasi. Diharapkan kedepannya, para mahasiswa ini dapat menjadi inspirasi bagi rekan-rekan mahasiswa lainnya untuk terus berusaha dan memanfaatkan setiap peluang yang ada demi menggapai impian.[CE]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*