“Meraih Horizon Baru: Perjalanan Rafli Al Ihsan di Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 2024”

Palangka Raya, 15 Maret 2024 – Dalam rangka mengembangkan potensi dan memperluas wawasan mahasiswa di lingkup pendidikan tinggi Indonesia, Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berjalan. Dalam kesempatan ini, Rafli Al Ihsan, seorang mahasiswa berprestasi dari program studi Teknik Informatika, STMIK Palangkaraya berhasil mendapatkan kesempatan emas untuk mengikuti program tersebut di Universitas Esa Unggul, Jakarta, selama satu semester. Sebelumnya, ada Elsa Monica Putri dari Prodi yang sama berangkat terlebih dahulu mengikuti PMM  di Amikom Purwokerto.

Rafli, yang dikenal aktif dan saat ini menjabat sebagai wakil ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika, berangkat menuju Jakarta pada Jumat, 15 Maret 2024 melalui Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya. Keberangkatan Rafli menjadi momen penting, diiringi dukungan penuh dari rekan mahasiswa serta hadirnya Lili Rusdiana, M.Kom, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika, dan Veny Cahya Hardita, M.Kom, Sekretaris Program Studi Teknik Informatika.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan inisiatif penting dalam skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kemendikbudristek. Program ini dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa di Indonesia untuk belajar di universitas lain di dalam negeri yang berbeda dari universitas asal mereka. Tujuannya, untuk mengembangkan kompetensi mahasiswa dengan memperoleh pengalaman baru dan beragam, serta mempersiapkan mereka menjadi lulusan yang siap menghadapi tantangan global.

Kehadiran Rafli di Universitas Esa Unggul diharapkan tidak hanya akan memperkaya pengalaman akademik dan praktiknya di bidang Teknik Informatika, tetapi juga memperluas jaringannya dengan bertemu mahasiswa dan dosen dari berbagai latar belakang. Kesempatan ini juga diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antara kampus asal dan Universitas Esa Unggul dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di Indonesia. Dalam hal ini, Rafli juga menjadi duta bagi kampusnya: STMIK Palangkaraya.

Ketua Program Studi Teknik Informatika, Lili Rusdiana, M.Kom, dalam pernyataannya menyampaikan, “Kami sangat bangga dan mendukung penuh keikutsertaan Rafli dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk mengasah kemampuan dan memperluas wawasan, tidak hanya bagi Rafli tetapi juga membawa inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk aktif berpartisipasi dalam program-program serupa.”

Keberhasilan Rafli mendapatkan kesempatan ini diharapkan menjadi pemicu bagi mahasiswa lain untuk lebih giat lagi dalam mengembangkan potensi diri dan berani mengambil kesempatan yang ada demi meraih pengalaman yang berharga untuk masa depan.[CE]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*