KPU Kota Palangka Raya Sosialisasikan Pemilu Bagi Calon Pemilih Pemula

Kamis, 9 Juni 2022. Kegiatan sosialisasi Pemilihan Umum (PEMILU) kembali dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya. Kali ini yang menjadi target kegiatan adalah mahasiswa semester II Tahun Akademik 2021/ 2022 dari semua program studi yang ada di kampus STMIK Palangkaraya, yaitu Program Studi Sistem Informasi, Program Studi Teknik Informatika, dan Program Studi Manajemen Informatika. Dipilihnya  angkatan 2021 dengan  pertimbangan bahwa mayoritas mahasiswa angkatan ini masih merupakan pemilih pemula dalam Pemilu, jadi perlu diberi edukasi agar mengenal apa itu Pemilu ,  seperti apa prosesnya, dan apa saja syaratnya untuk bisa menjadi pemilih dalam Pemilu.

Ketua KPU Kota Palangka Raya, Ibu Dr. Ngismatul Choiriyah, M.Pd.I dalam paparannya menyampaikan  betapa pentingnya rekan-rekan  mahasiswa mengetahui tentang Pemilu, termasuk juga tentang apa saja yang tidak diperbolehkan dalam tahapan Pemilu. Beliau juga memberikan contoh hal yang dilarang saat kegiatan Pemilu berlangsung ,yaitu pemilih menerima bayaran dari pihak tertentu untuk memberikan suaranya pada pihak tersebut. “Hal yang demikian bisa menyebabkan kita terjerat hukum,” tambah Beliau.

Salah satu poin penting yang disampaikan oleh pihak KPU kali ini adalah  memastikan bahwa nama calon pemilih dalam Pemilu sudah terdaftar sebagai pemilih. Hal ini bisa dicek dengan mengakses halaman  https://lindungihakmu.kpu.go.id  atau dengan mengunduh aplikasi Lindungi Hakmu. Bapak Hendra Gunawan, SH. , sebagai pengarah teknis mewakili KPU Kota Palangka Raya, secara langsung mendemonstrasikan bagaimana cara mengecek apakah seorang calon pemilih sudah tercatat dalam daftar pemilih atau belum. Beliau juga menyampaikan, jika nanti ada kendala atau ada hal yang ingin dikonfirmasi ke pihak KPU, bisa menghubungi nomor kontak yang ada. “ ……atau,  jika ada yang ingin tahu apakah namanya sudah tercatat atau belum di daftar pemilih,silakan kirim screenshot KTPnya untuk dibantu pengecekan,” demikian kata Beliau secara lugas.

Kegiatan sosialisasi kepada para mahasiswa  ini  merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama antara pihak STMIK Palangkaraya dan KPU Kota Palangka Raya yang telah ditandatangi beberapa waktu lalu. [CE/ME]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


− 1 = 6