ILC Nurul ‘Ilmi STMIK Palangkaraya Gelar Buka Puasa Bersama

UKM Islamic Learning Club (ILC) STMIK Palangka Raya mengadakan kegiatan buka puasa bersama 1445H dengan tema “Cahaya Ramadan membangun generasi Qur’ani yang berprestasi dan berakhlak mulia”, di aula STMIK Palangka Raya pada Sabtu, 23 Maret 2024.

Kegiatan ini diadakan bertujuan untuk menjalin tali silaturahim antar mahasiswa, staff, dan dosen muslim yang ada di STMIK Palangka Raya. Dan juga untuk melaksanakan program kampus religius.

Acara ini diawali dengan lantunan ayat suci al-qur’an yang di bacakan oleh saudara  Nasirun, kemudian di lanjutkan dengan sambutan ketua pantia oleh Zetrian.

Ketua STIMIK Palangka Raya, bapak Suparno M.Kom member sambutan, beliau mengatakan “Bahwa kegiatan buka puasa bersama ini meningkatkan tali silaturahmi antar mahasiswa, dosen dan staff muslim di STMIK Palangka Raya” beliau juga berterimakasih kepada semua orang yang telah hadir di acara tersebut .

Dalam ceramahnya ustad Dr. H. Surya Sukti mengatakan “ sebelum kita lahir kedunia, kita melewati 3 fase alam, yang pertama adalah alam malakut, yang kedua alam jabarut yang ketiga adalah rahim, dan setelah fase itulah baru kita di lahirkan”.

Ustad Dr. H. Surya Sukti juga mengatakan “Hakikat ibadah penghambaan diri kepada allah, karena kita adalah makhluk yang lemah harus saling tolong menolong dan beri memberi. Dan puncak dari penghambaan diri kepada allah itu adalah sholat, kepala kita sejajar dengan tanah, lutut sejajar dengan kaki”.

“Permasalahn yang ketiga adalah rukun sholat, rukun sholat yang harus kita ketahui itu ada 13 tapi kalau mau ingat cukup 3 yaitu rukun fi’li, qalbi, dan qauli. Secara fiqih memang 13 mulai dari niat  sampai salam, namun ada hal yang sering diabaikan yaitu tuma’ninah. Jangan sholat  seperti ayam memetuk makanannya, intinya sholat  sholat itu dihitung bukan dari banyaknya tetapi dari sah atau tidaknya. Dalam akhir ceramahnya ustad Dr. H. Surya Sukti membuka sesi Tanya jawab berhadiah, Setelah penyampaian ceramah tersebut, kemudian di lanjutkan dengan doa buka puasa dan memakan takjil, sholat maghrib berjamaah, makan bersama dan foto bersama panitia. []

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*