“Anisa Febriyana Putri: Mengukir Jejak Global di University of Padua Melalui Program IISMA”

Palangkaraya, 24 Februari 2024 – STMIK Palangkaraya menyambut kepulangan Anisa Febriyana Putri, mahasiswi Program Studi Teknik Informatika yang telah menghabiskan satu semester di luar negeri dalam rangka mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) tahun 2023. Selama program tersebut, Anisa ditempatkan di University of Padua, Italia, salah satu universitas terkemuka di dunia. Anisa dijemput langsung oleh Ketua Program Studi Teknik Informatika Lili Rusdiana dan Sekretaris Program Studi Teknik Informatika Veny Cahya Hardita. Turut serta dalam penyambutan, Presiden Mahasiswa STMIK Palangkaraya yang baru, Elsa Monica Putri.

Program IISMA, yang merupakan inisiatif dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, dirancang untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia agar dapat mengikuti perkuliahan dan kegiatan akademis di universitas-universitas mitra di luar negeri. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang mampu bersaing di kancah global.

Selama berada di University of Padua, Anisa mengikuti serangkaian perkuliahan dan kegiatan akademik yang memperkaya pengetahuan dan keterampilan di bidangnya. Tidak hanya itu, pengalaman berinteraksi dan beradaptasi dengan berbagai latar belakang budaya yang dihadapinya menjadi salah satu nilai tambah yang tidak ternilai. Anisa berkesempatan bertemu dengan mahasiswa dari berbagai negara, memperluas jaringan, dan mempelajari perspektif baru yang memperkaya wawasannya.

Kepulangan Anisa ke kampus STMIK Palangkaraya disambut dengan hangat oleh civitas akademika. Anisa berbagi pengalaman mengesankan dan tantangan yang dihadapi selama mengikuti program IISMA di Italia. Dia menekankan pentingnya keluar dari zona nyaman dan berani menghadapi tantangan baru untuk pertumbuhan pribadi dan profesional.

“Pengalaman yang saya dapatkan selama mengikuti program IISMA di University of Padua sangat luar biasa. Saya belajar banyak tidak hanya tentang teknik informatika dari perspektif global, tetapi juga tentang beradaptasi dengan budaya baru dan mengembangkan keterampilan interpersonal,” ujar Anisa.

Kisah dan pengalaman Anisa Febriyana Putri diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa STMIK Palangkaraya lainnya untuk lebih aktif mengikuti program pertukaran mahasiswa internasional. Melalui program seperti IISMA, mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan kemampuan mereka untuk berkompetisi dan berkolaborasi di tingkat global, sekaligus memperkaya pengalaman belajar dengan keberagaman budaya dan pengetahuan.[CE]

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*